Bagaimana Hubungan Kolesterol Jahat dan Penyakit Jantung? - HexsaHealth

Breaking

HexsaHealth

Tips Sehat Alami Mudah dan Murah

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, November 29, 2014

Bagaimana Hubungan Kolesterol Jahat dan Penyakit Jantung?

Kolesterol & Penyakit Jantung
Oleh : Novriandi Rahman, Nuriah Nurul Maknun, Nurul Zahra, Oky Oktaviatna Sari

PENGERTIAN KOLESTEROL

Kolesterol adalah zat lilin yang dihasilkan oleh hati yang dapat ditemukan pada seluruh sel tubuh karena merupakan salah satu komponen lemak (selain asam lemak bebas, fosfolipid, dan trigliserida). Kolesterol berfungsi untuk membangun dinding sel, memperkuat membran sel, dan hormon-hormon seperti hormon steroid. Kolesterol juga terdapat dalam makanan yang berasal dari hewan seperti daging, unggas, ikan, otak, dan jeroan.

Kolesterol dikelompokkan menjadi 2 yaitu:

1. LDL (Low Density Lipoprotein).
LDL adalah pembawa mayoritas kolesterol dalam darah dan sering disebut kolesterol jahat. Terlalu banyak LDL yang bersirkulasi dalam darah dapat secara perlahan tertimbun dalam dinding pembuluh darah arteri yang mensuplai O2 ke jantung. LDL dapat membentuk plak dan akhirnya menyumbat pembuluh darah arteri dan menyebabkan arterosklerosis. Pada otak dapat menyebabkan stroke, sedangkan pada jantung menyebabkan penyakit jantung koroner (PJK).

2. HDL (High Density Lipoprotein).
HDL adalah kolesterol yang bertugas mengantar kolesterol dari jaringan tubuh menuju hati . HDL biasa dikenal dengan kolesterol baik, karena semakin tinggi kadar HDL, maka semakin rendah kemungkinan terkena serangan jantung .

Gambar ilustrasi penyumbatan aliran darah akibat plak kolesterol jahat


APA ITU PENYAKIT JANTUNG

Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan Jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Penyebabnya antara lain :
1) Otot jantung yang lemah karena kelainan bawaan sejak lahir.
2) Kerusakan yang dialami oleh bagian otot jantung (myocardium) akibat pasokan darah ke bagian otot jantung mendadak sangat berkurang.
3) Berkurangnya pasokan darah ke jantung secara tiba-tiba, yang dapat terjadi ketika salah satu nadi koroner terblokade selama beberapa saat akibat spasme (mengencangnya nadi koroner) atau akibat penggumpalan darah (thrombus).

Gejala penyakit jantung :
- Nyeri dada
Jika otot jantung tidak mendapatkan cukup darah (suatu keadaan yang disebut iskemia), maka oksigen yang tidak memadai dan hasil metabolisme yang berlebihan menyebabkan kram atau kejang.
- Angina atau angin duduk
Merupakan perasaan sesak di dada atau perasaan dada diremas-remas, yang timbul jika otot jantung tidak mendapatkan darah yang cukup. Sesak nafas merupakan gejala yang biasa ditemukan pada gagal jantung. Sesak merupakan akibat dari masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner).
- Palpitasi Kelelahan Pusing & Pingsan
Penurunan aliran darah karena denyut atau irama jantung yang abnormal atau karena kemampuan memompa yang buruk, bisa menyebabkan pusing dan pingsan.


KESIMPULAN

Kadar kolesterol dalam darah akan mempengaruhi kesehatan jantung. Semakin tinggi kadar kolesterol seseorang, maka semakin tinggi pula resiko terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, perlu melakukan beberapa cara untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi seperti :
- Berolahraga secara teratur
- Menghindari makanan yang banyak mengandung lemak
- Hindari minuman alkohol dan bersoda
- Berhenti merokok
- Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung fitosterol dan berserat tinggi.
  Serat dapat menghambat penyerapan kolesterol pada usus.

Kabar gembira saat ini telah hadir herbal berbahan alami ekstrak kulit manggis untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Silakan klik disini untuk info herbal kulit manggis plus daun sirsak.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Post Top Ad

Responsive Ads Here