Cara Mencegah agar Tidak Tertipu Belanja Online | Bagaimana Ciri Penjual yang Dapat Dipercaya dan Jujur? - HexsaHealth

Breaking

HexsaHealth

Tips Sehat Alami Mudah dan Murah

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, November 28, 2014

Cara Mencegah agar Tidak Tertipu Belanja Online | Bagaimana Ciri Penjual yang Dapat Dipercaya dan Jujur?


Banyak di antara kita yang enggan berbelanja online karena takut menjadi korban penipuan toko online (online-shop atau online-store). Karena tidak sedikit pedagang online yang memanfaatkan ketidaktahuan calon pembelinya sehingga banyak mereka yang tertipu.

Pentingnya sikap berhati-hati terhadap orang (pedagang) yang belum Anda kenal, atau baru pertama kali ingin berbelanja online. Inilah beberapa tips ampuh dan simpel agar terhindar dari penipuan online.

1. Harga produk atau barang.
Sebelum membeli barang, cari lah informasi harga produk yang akan dibeli. Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah di bawah harga pasaran. Baik barang new (baru) maupun barang bekas.

2. Foto asli produk/barang.
Bila penjual tidak menyertakan foto asli barang dagangannya, minta lah foto asli barang yang hendak Anda beli untuk memastikan bahwa barang tersebut memang ada. Anda bisa menghubungi penjual melalui aplikasi messenger seperti BBM (BlackBerry Messenger) atau Yahoo Messenger, atau via pesan (chat) di Facebook. Dengan aplikasi tersebut, penjual bisa mengirimkan foto asli barangnya kepada Anda calon pembeli.

3. Kondisi barang.
Tanyakan keadaan atau kondisi barang yang akan dibeli kepada penjual. Penjual (seller) yang jujur akan memberitahukan kepada calon pembelinya mengenai kondisi barang yang dijual. Khusus untuk barang bekas, apakah masih normal atau ada cacatnya.

4. Garansi barang.
Jangan lupa tanyakan masa garansi barang kepada penjualnya. Atau masa expire (kadaluarsa) bila Anda ingin membeli produk konsumsi pangan atau obat.

5. Pembayaran
 Jangan pernah melakukan pembayaran (transfer bank) sebelum Anda konfirmasi poin-poin tersebut di atas.

6. Nomor resi dari Jasa ekspedisi
Dalam berbelanja online bila berbeda kota dengan penjual, maka penjual akan menggunakan jasa pengiriman barang dari pihak ketiga, misalnya JNE, TIKI, POS, Wahana, MEX, atau yang lainnya. Penjual akan menambahkan biaya ongkos kirim diluar harga barang kepada pihak pembeli.
Minta lah nomor resi pengiriman barang kepada penjualnya. Beberapa ekspedisi ada layanan online untuk mengecek (tracking) barang Anda sudah sampai dimana, yaitu dengan mengisi nomor resi tersebut di website ekspedisi. Misalnya ekspedisi JNE bisa dikunjungi di www.jne.co.id

Demikianlah sobat CompuHerb's, mudah-mudahan bermanfaat.
Terima kasih sudah berkunjung.
Selamat berbelanja online, happy shopping bro/sist  ^_*

Contact Form

Name

Email *

Message *

Post Top Ad

Responsive Ads Here