Minum Obat Kimia dan Herbal secara Bersamaan Tidak Boleh Sembarangan - HexsaHealth

Breaking

HexsaHealth

Tips Sehat Alami Mudah dan Murah

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, November 19, 2014

Minum Obat Kimia dan Herbal secara Bersamaan Tidak Boleh Sembarangan

Cara Mengkonsumsi Obat Herbal yang Aman

Obat herbal sudah digunakan sejak ratusan tahun lalu dan menunjukkan khasiatnya. Obat herbal tidak perlu diragukan manfaatnya. Yang harus dijaga adalah agar obat herbal aman dikonsumsi.


Untuk mendapatkan obat herbal yang baik, seluruh proses produksi, mulai dari penanaman tanaman obat, perawatan, panen, pengeringan, ekstraksi, penyimpanan, pembuatan obat, hingga distribusinya, tidak bisa dilakukan asal-asalan. Bahan baku obat herbal harus bebas dari logam berat, jamur, ataupun pestisida. Proses produksi harus dilakukan secara modern.

Ada beberapa teknik mengolah tanaman obat secara tradsional, yakni dengan cara merebus, menyeduh, dan membuatnya sebagai serbuk. Herbal yang sudah direbus sebaiknya juga tidak dibiarkan terlalu lama karena seperti halnya makanan, tanaman herbal juga bisa jadi media pertumbuhan bakteri.

Seiring perkembangan teknologi, saat ini cukup banyak produk herbal yang diproduksi secara modern. Misalnya dibuat tablet, kapsul, atau bubuk. Namun, pada umumnya memiliki senyawa aktif yang relatif sama dengan herbal yang diolah tradisional sehingga khasiatnya tetap bisa dirasakan. Tanaman herbal yang telah diekstrak dalam bentuk serbuk/minyak dan dikemas dalam cangkang kapsul yang telah disterilkan memiliki masa expire (kadaluarsa) lebih lama. Sehingga lebih mudah disimpan, dibawa, dan lebih praktis mengkonsumsinya.

Apakah boleh meminum bersamaan obat herbal dan obat dokter?

Meminum obat tentunya mempunyai aturan, baik obat herbal ataupun obat kimia sintetis.
Penggunaan obat kimia modern dan obat herbal (jamu), secara bersamaan harus dilakukan secara hati-hati. Penggabungan secara sembarangan malah memperburuk kesehatan.

Bila diminum bersamaan terkadang obat herbal bersifat mengikat zat dari obat kimia. Akibatnya, efek obat kimia jadi tidak maksimal. Jika ingin menggabungkan, obat dokter sebaiknya diminum lebih dulu. Setelah 1-2 jam, baru minum obat herbal.

Ada pula dokter menganjurkan, konsumsi obat herbal di pagi hari dan obat kimia di malam hari. Ini dilakukan agar keduanya tidak saling bertemu.

Lanjut baca "Keunggulan Obat Herbal" klik disini

Contact Form

Name

Email *

Message *

Post Top Ad

Responsive Ads Here